banner 728x250

Mengenal Lebih Dekat Anoman

  • Bagikan
banner 468x60

Mengenal Anoman Lebih Dekat


mengenal Anoman

Diantara sahabat pasti sudah mengenal beberapa nama tokoh di pewayangan. Jika belum hafal tidak jadi masalah. Memang ini tidak ada ujiannya hehehehe… Lain waktu sahabat bisa membuka kembali web ini untuk membacanya lagi. Terpenting secara singkat melalui web simpel ini ssahabat semuanya mendapatkan pengetahuan tentang pewayangan khususnya dan umumnya budaya tradisi lokal.

banner 336x280

Didalam cerita pewayangan ada salah satu tokoh yang hidup di dua zaman dan usianya dapat dikatakan terpanjang diantara tokoh lainnya. Tetapi tidak termasuk pono kawan Semar dan anaknya, lain waktu akan dibahas juga dalam web ini. Sahabat tercinta semua pasti sudah mengenal nama tokoh yang akan disebutkan nanti, tidak sekarang biar penasaran hehehe.. Sebagai klu sedikit saja, dia adalah Kera Putih. Karena nama tokoh yang satu ini mungkin pernah sahabat dengar dan telah disebutkan dalam artikel yang lalu.

Ketika masih mudanya dia adalah seorang prajurit dan bisa diandalkan dalam tugasnya. Sehingga ditempatkan para jajaran pimpinan prajurit. Karena ketika ditengah peperangan dia sangat tangkas dan cekatan. Jadi tidak heran apabila usianya masih muda tetapi sudah menduduki posisi tertinggi dikalangan prajurit. Tentu diantara sahabat semua semakin penasaran siapa dia. Langsung saja diberitahu yaa.. Biar tidak menjadi tandatanya. Yakni Anoman.

Benar sekali yaitu Anoman.

Dia adalah salah satu tokoh pewayangan yang usianya terpanjang. Karena Prabu Rama dan para kerabatnya muksa, Anoman tidak ikut. Bahkan ketika Pandawa muksa, dia tetap masih ada hingga beberapa tahun lagi. Anoman, baru muksa ketika anak keturunan Prabu Parikesit menikah. Siapa Prabu Parikesit itu? Jawabannya nanti dikemudian hari, jadi jangan tinggalkan web ini dan terus kunjungi karena setiap hari akan di perbaharui.

Anoman, hidup sejak zaman Ramayana dan hingga Mahabarata. Dia mengawali karirnya menjadi prajurit Prabu Rama, ketika usianya masih sangat muda. Suatu saat Anoman, diutus oleh Prabu Rama untuk pergi ke Ngalengka kerajaannya Rahwana. Waktu itu dia diutus untuk memberikan Cincin Prabu Rama, diberikan kepada Dewi Sinta. Sebagai tanda jika pas maka Dewi sinta masih suci, belum tersentuh oleh Rahwana. Tetapi sebaliknya jika cicin tersebut sudah tidak pas di jari maka Dewi Sinta, pernah disentuh Rahwana.

Anoman muda menyanggupi tugas tersebut, walau dia tahu akan memasuki daerah musuh. Dan waktu itu dia hanya sendirian saja, Prabu Rama tidak memberinya teman selama diperjalanan apalagi pasukan. Meskipun demikian Anoman, tetap menerima tugas tersebut dengan niat yang kuat dan semangat menyala. Setelah semua persiapan telah matang dia berangkat ke Ngalengka seorang diri. Dengan ditemani hati yang mantab dan semangat, dia berusaha untuk mengerjakan tugasnya.

Setelah dia ketemu dengan Dewi Sinta, lalu cincin yang dari Prabu Rama diberikan kepada istri junjungannya itu. Ketika cincin tersebut dipakai oleh Dewi Sinta dan Anoman memperhatikannya, ternyata pas tidak kurang maupun lebih. Anoman, lalu pamit untuk segera menghadap Prabu Rama untuk memberikan laporan apa yang dilihatnya, ternyata cincinnya pas. Tetapi karena Anoman sedang tidak beruntung, ketika dia keluar dari taman lalu ditangkap oleh prajurit musuh. Setelah itu dia dibawa ke alun-alun kerajaan Ngalengka untuk diadili. Anoman, disana dijatuhi hukuman dibakar. Tetapi Anoman, hanya diam saja dan tidak merasa cemas atau khawatir walau sedikit. Setelah api menyala besar lalu Anoman, mengeluarkan kesaktiannya. Api yang besar itu oleh dia, dilemparkan kearah prajurit Ngalengka dan seketika para prajuritnya Rahwana bubar tungganglanggang.

Demikian cerita singkat tentang Anoman, ketika dia menjadi prajurit Prabu Rama. Dan ketika Prabu Rama, menyerbu kerajaan Ngalengka, dia juga selalu ikut didalam pertempuran. Namun ketika Prabu Rama muksa beserta seluru kerabatnya dan pasukannya. Anoman, mengabdikan dirinya kepada sosial membantu yang memang perlu dibantu tanpa mengharapkan pamrih.

Dan jika dia sering muncul bersama para putra Pandawa seperti Gatot Kaca, Antareja, Antasena dan lainnya. Itu karena dia merasa cocok dengan mereka dan alasan lain Prabu Rama menitis kepada Prabu Kresna. Walau seperti itu Anoman, tetap tidak ikut serta kedalam perang Baratayuda. Karena dia tahu bahwa itu adalah perangnya antar keluarga.

Jadi Anoman, hidup pada dua zaman yakni Ramayana dan Mahabarata. Bahkan hingga keturunan Pandawa sampai setelah Prabu Parikesit.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: