banner 728x250

4 wanita tokoh dalam pewayangan

  • Bagikan
banner 468x60

Apakabar sahabatku? Semoga hari ini dalam keadaan baik-baik saja. Pertemuan ini admin akan memperkenalkan 4 wanita tokoh dalam pewayangan siapa saja. Pasti antara sahabat-sahabatku semua sudah ada yang pernah mendengarnya dan terkadang, dijadikan icon seorang wanita perkasa. Lalu, jika ada seorang wanita sikapnya dan bicaranya lemah lembut, diibaratkan seperti dalam tokoh wanita pewayangan salah satu istri dari Raden Arjuna. Dari sini sahabat semua pasti sudah terbayang siapa gerangan? Tetapi admin tidak akan menyebutkan siapa namanya nanti saja. Wanita perkasa yang telah admin katakan, juga salah satu istri dari Raden Arjuna.

Pertemuan ini hanya menampilkan 4 wanita tokoh yang sering muncul dalam kisah wayang Maha Barata. Jadi tidak semuanya admin tuliskan, mengingat sangat banyak sekali. Sehingga admin batasi hanya 4 saja. Semoga kedepannya admin bisa menuliskan secara lengkap atau menyebutkan satu per satu. Biar sahabat semua mendapatkan gambaran yang utuh dan jelas. Kenapa pelit hehehe.. Sabar, karena jika sekaligus tidak baik..

banner 336x280

Ok langsung saja menuju siapa 4 wanita tokoh, dalam kisah pewayangan Maha Barata. Biar tidak penasaran dan tanda tanya bermunculan didalam fikiran. Tetapi apa sudah dipersiapkan segelas kopi berserta temannya yaitu jagung rebus? Jika belum bisa dipersiapkan terlebih dahulu setelah itu, lanjutkan membaca cerita dibawah ini.

Banowati
Dia merupakan seorang putri dari kerajaan Mandaraka. Banowati, adalah anak ketiga dari tiga bersaudara. Lalu, dia menikah dengan Prabu Duryudana. Setelah dia menikah, lalu dibawa ke Hastina Pura. Banowati, tinggi dan tidak begitu besar. Kalau berbicara agak sedikit tegas tapi tidak begitu lembut juga. Sebenarnya orang yang dicintainya adalah Raden Arjuna. Tetapi untuk hidup bersama Raden Arjuna, harus ditutup rapat didalam hatinya.

Arimbi
Ibu dari Raden Gatot Kaca itu adalah raksasa wanita. Tetapi meskipun demikian Dewi Arimbi sapaan akrapnya, sifatnya seperti manusia pada umumnya. Apalagi setelah menikah dengan Raden Brata Sena, Dewi Arimbi tidak ada bedanya dengan putri kerajaan. Dewi Arimbi, sangat sedih sekali ketika mengetahui Raden Gatot Kaca gugur ditengah peperangan. Meskipun dia raksasa wanita tapi adalah anak seorang raja Prabu Terbuku. Yang terkenal sakti dan bijaksana dalam memimpin kerajaannya.

Sembadra atau Loro Ireng
Sembadra, nama setelah menikah dan Loro Ireng nama sejak kecil. Dia adalah istri pertama dari Raden Arjuna. Setelah menikah dia mempunyai anak yang diberi nama Raden Abi Manyu. Dewi Sembadra, berasal dari kerajaan Mandura dan dia adalah adik Prabu Baladewa serta Prabu Kresna. Apabila berbicara suaranya pelan dan lemah lembut.

Srikandi

Dia juga istri dari Raden Arjuna. Srikandi, adalah anak seorang raja kerajaan ayahnya besar. Walau dia seorang wanita tetapi Srikandi, sangat mahir memainkan jenis senjata panah. Kemampuan itu didapatkan setelah dia menikah dengan Raden Arjuna. Padadasarnya ketika dia masih gadis suka berlatih memainkan jenis senjata panah. Ketika perang Baratayuda, dia berhasil menewaskan Sang Resi Besma. Srikandi, apabila berbicara cepat dan suaranya sangat kencang. Hingga tulisan ini dibuat penulis tidak mengetahui siapa nama anaknya.

Demikian 4 wanita tokoh dalam pewayangan. Sebenarnya yang telah admin sebutkan di atas masih banyak lainnya. Tetapi admin hanya memilih 4 saja, dikarenakan itu yang sering muncul jika dibandingkan lainnya. Jika disebutkan satu per satu seperti Kurupadi, Pergiwa, Pergiwati, Surpikanti dan lainnya. Tentu akan banyak sekali. Nanti dilain waktu mudahan admin dapat menuliskan kembali, untuk saat ini 4 itu terlebih dahulu. Semoga kita selalu dalam kondisi sehat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: